Jumat, 28 Desember 2018

Pengalaman bersama SAUDIA

Ini adalah pengalaman pertama bagi saya dengan maskapai penerbangan Saudia (SVA). Saudia merupakan maskapai penerbangan Arab Saudi. Saya menggunakan maskapai Saudia pada saat melaksanakan umroh 11 - 19 Desember 2018. Rute keberangkatan yang di tempuh adalah Jakarta - Madinah. Sedangkan rute kepulangan yaitu Jeddah - Jakarta. Lama perjalanan yang di tempuh hampir 10 jam. 

Hal menarik dari maskapai ini adalah tersedia mushola pada baris belakang. Sehingga sering disebut mushola terbang. Untuk entertainment selama di perjalanan, selain beberapa jenis film juga tersedia tayangan-tayangan islami seperti murotal dari berbagai imam besar Arab Saudi, tayangan seputar masjidil Haram dan juga ada manasik umroh/haji versi bahasa Arab dan English. Selebihnya adalah layanan standar penerbangan pada umumnya.

Satu yang jangan lupa dibawa untuk perjalanan siang hari yaitu makanan camilan. Pengalaman saya waktu itu, pasawat take off dari Jakarta pada pukul 11.00 WIB. Satu jam kemudian kami mendapatkan makan siang. Menu yang berikan yaitu Nasi + ayam/ikan, roti tanpa isi + butter, buah potong, cake, air mineral, teh/kopi. Makan besar diberikan sebanyak 2 kali selama penerbangan. Pertama diberikan  tidak lama dari take off dan yang kedua diberikan pada saat sekitar 1.5 jam sebelum landing. Sedangkan selama selang waktu tersebut tidak ada makanan ringan yang diberikan, hanya air putih saja. Pada waktu itu makanan ringan yang kami bawa, masuk ke dalam koper bagasi. Alhasil kami cukup kelaparan menunggu jam makan berikutnya. So, makanan camilan ini adalah hal yang harus masuk ke dalam tas tenteng pada saat terbang bersama Saudia di siang hari 😃

Pada saat pulang ke Indonesia, pesawat take off dari Jeddah sekitar pukul 19.30 waktu setempat. Makanan camilan tidak terlalu di perlukan karena bisa tidur sepanjang perjalanan. Makan besar tetap di berikan 2 kali, yaitu setelah take off dan 2 jam sebelum landing sebagai sarapan. 

Overall terbang bersama Saudia adalah pengalaman yang menyenangkan. Bagi yang tidak terbiasa berbahasa asing, tidak perlu khawatir. Pramugari/pramugaranya bisa berbahasa Indonesia. Pengumuman yang diberikan juga dalam 3 bahasa yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. So, enjoy your flight 😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar